UNIT 5 - Dasar dan Fungsi Desain Dalam Kehidupan Sehari-Hari
Tujuan Pembelajaran
1. Menjelaskan, mengelompokkan dan menganalisis manfaat desain dalam kehidupan sehari-hari.
2. Mengenal desainer-desainer Indonesia dan karyanya.
3. Menganalisis perkembangan desain berdasarkan jenis, konsep, dan latar belakang terciptanya desain.
4. Merancang dan membuat infografis.
Mengalami
Mengalami, merasakan, merespons, dan bereksperimen dengan aneka sumber, termasuk karya seni desain berdasarkan pengelompokannya dalam kehidupan sehari-hari.
Mengamati, merekam dan mengumpulkan pengalaman dan informasi serupa.
Menciptakan
Memilih, menggunakan dan/atau menggabungkan aneka media, bahan, alat, teknologi dan proses yang sesuai dengan tujuan karyanya.
Merefleksikan
Menghargai dan memahami pengalaman estetik dan pembelajaran artistik terhadap karya seni desain dalam kehidupan sehari-hari.
Mengamati, memberikan penilaian dan membuat hubungan antara karya pribadi dan orang lain sebagai bagian dari proses berpikir tingkat tinggi dan bekerja artistik.
Berpikir dan Bekerja Artistik
Memiliki kepekaan untuk merespons dan menyambut tantangan dan kesempatan di lingkungannya.
Menghasilkan karya kreatif dan inovatif, baik aplikatif maupun ekspresif sebagai bagian dari berpikir kritis, merasakan dan menghayati serta menuangkan gagasan secara sistematis dan teknologis.
PROFIL PELAJAR PANCASILA
Mandiri - Saya mau mencoba memiliki kesadaran untuk memecahkan permasalahan dengan menggunakan fungsi desain.
Bernalar Kritis - Saya tahu dan mau mencoba menganalisis fungsi desain yang berangkat dari permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dengan melihat adanya faktor kebutuhan.
Pokok-Pokok Materi
Desain
Desain lahir di tengah masyarakat moderen seiring munculnya istilah revolusi industri, dengan mengutamakan proses kreatif dan inovatif yang menuntut kinerja otak kanan dan otak kiri secara bersamaan. Kehadiran desain muncul karena adanya proses kreatif dan inovatif dalam diri manusia, sehingga manusia dapat memecahkan masalah yang dipahami sebagai konsep terprogram. Adapun dalam profesi desain, hal itu disebut sebagai konsep desain.
Desain adalah gambar yang menarik dan indah untuk menjelaskan ide dan gagasan yang dapat dipahami dengan mudah oleh orang lain sehingga memperoleh pemahaman yang sama. Biasanya konsep konsep desain akan diwujudkan ke dalam gambar kerja yang berfungsi mempercepat pekerjaan dan menganalisis fungsi sesuai kebutuhan.
Manfaat desain adalah untuk mempercepat proses pekerjaan untuk mencapai kesepahaman melalui bentuk visual sehingga dapat dipahami dengan mudah oleh pembaca secara lebih menarik dan indah.
Desain dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan manusia yang memerlukan proses lanjutan berupa pengerjaan atau perwujudan benda lanjutan yang membutuhkan kesepahaman bentuk visual, seperti halnya: mebel, bangunan, interior, grafis, busana dan produk yang melibatkan perancangan temuan teknologi mutakhir.
Jenis-Jenis Desain Berdasarkan Fungsi
Desain Mebel
Mebel atau furnitur adalah benda yang ada di rumah dan digunakan oleh penghuninya untuk duduk, berbaring, ataupun menyimpan benda kecil seperti pakaian atau piring. Mebel terbuat dari kayu, papan, triplek, dan lain-lain.
Prinsip dasar desain mebel didasarkan pada konsep bentuk fungsional yang sesuai dengan kebutuhan dan aktivitas pemakai. Hal tersebut memengaruhi bahan yang dipilih, sistem konstruksi yang digunakan serta finishing yang tepat. Demikian juga mengenai volume (besaran) dengan dimensi (ukuran) dan standar yang ergonomis (nyaman untuk pengguna).
Desain mebel sangat memperhatikan pengerjaan detail atau profil, pemilihan jenis aksesoris yang disesuaikan dengan gaya desain tertentu sebagai upaya untuk menghasilkan desain fungsional dan estetis. Selain itu, desain mebel juga sering dikategorikan sebagai elemen desain interior (bagian dari komponen ruang).
Salah satu sentral terbesar industri mebel di Indonesia adalah Kota Jepara yang memiliki berbagai macam ukiran khas dan model-model mebel berbahan kayu. Selain sebagai kota yang tersohor dengan kualitas kayunya, pada dasarnya para perajin di Jepara meyakini bahwa keterampilan membuat aneka macam mebel merupakan warisan sejarah yang harus selalu dilestarikan.
Desain Bangunan (Arsitektur)
Sebagai bagian dari seni terapan dalam kehidupan sehari-hari, karya seni desain amatlah penting dalam kehidupan manusia. Desain arsitektur adalah seni yang dilakukan oleh setiap individu untuk menyatakan imajinasi dan ilmu mereka ke dalam suatu rancangan bangunan.
Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup perancangan dan pembangunan di suatu lingkungan, baik mikro maupun makro.
Di tingkat mikro, desain interior mencakup masalah desain bangunan, desain perabot, dan desain produk. Di tingkat makro, desain arsitektur mencakup masalah perencanaan, kota, perencanaan perkotaan, dan arsitektur lanskap.
Desain Interior
Desain interior adalah seni yang mempelajari perencanaan tata letak dan perancangan ruang dalam sebuah bangunan. Desain interior bisa juga diartikan sebagai teknik menata ruangan yang di dalamnya berisi karya, perabot, atau alat rumah tangga agar tampak lebih menarik dan sesuai dengan kegunaannya.
Dalam desain interior ada beberapa aspek yang harus diketahui, antara lain: perencanaan desain, riset, penganggaran, koordinasi dan sebagainya. Untuk menghasilkan karya desain interior yang menarik dan mempunyai nilai manfaat, seorang desainer dapat menggabungkan beberapa unsur keilmuan seperti seni dan sains.
Desain Grafis
Sebuah rancangan desain yang bertujuan untuk memecahkan masalah komunikasi melalui kombinasi elemen grafis seperti bentuk, garis, warna, dan sebagainya. Desain grafis berfungsi untuk mengomunikasikan informasi tertentu dalam bentuk visual yang menarik seperti promosi, iklan, publikasi, layanan masyarakat, poster-poster imbauan dan larangan.
Desain Huruf (Typography Design)
Desain huruf adalah teknik memilih dan menyusun huruf untuk menciptakan yang mempertimbangkan susunan huruf, dimensi pengukuran dan proporsi. Desain huruf atau tipografi sering digunakan dalam majalah, buku, brosur, dan poster. Pada prinsipnya, tipografi mencakup pengukuran tinggi huruf, panjang baris, jarak huruf dan jarak baris. Teknologi komputer dapat memberi peluang dalam menciptakan kemungkinan bentuk huruf.
Desain Poster
Poster adalah lembaran yang memuat tulisan dan gambar yang dirancang sesuai dengan infomasi yang akan diberikan kepada publik
Desain Logo
Logo adalah gambar yang mencerminkan identitas, nilai dan konsep sebuah perusahaan.
Desain Kemasan
Desain kemasan digunakan untuk merancang bentuk wadah yang sesuai dengan sifat produk.
Desain Produk
Desain produk merupakan gambar atau rancangan bentuk atas suatu barang fungsional untuk kegunaan sehari-hari sebelum benda tersebut diciptakan. Contoh desain produk adalah: desain pisau, desain sepatu, desain helm, desain bentuk, dan lain-lain.
Desain Busana
Desain busana dipakai sebagai gambar kerja yang memuat gagasan tampilan bentuk sebuah pakaian. Seorang perancang busana menuangkan idenya ke dalam sebuah sketsa yang menerangkan tampilan akhir, pilihan skema warna, dan keterangkan berbagai alternatif bahan dan teknik yang digunakan. Setelah menentukan desain, seorang desainer busana perlu membuat pola jahit untuk menjadi pakaian yang siap dipakai.
Desain Industri (Industrial Design)
Desain industri berkaitan dengan perancangan produk fisik yang diproduksi secara massal, seperti peralatan rumah tangga, kendaraan, alat elektronik, dan furnitur. Fokus desain ini adalah pada aspek fungsionalitas, ergonomi, dan estetika produk, serta bagaimana produk tersebut diproduksi secara efisien.
Desain Web (Web Design)
Desain web berfokus pada perancangan tampilan dan struktur situs web. Desainer web menciptakan antarmuka yang ramah pengguna dengan mempertimbangkan navigasi yang mudah, kecepatan loading halaman, responsivitas di berbagai perangkat, serta elemen visual yang menarik.
Desain Antarmuka Pengguna dan Pengalaman Pengguna (UI/UX Design)
Desain UI (User Interface) berkaitan dengan perancangan antarmuka atau tampilan visual produk digital, seperti aplikasi dan situs web. Desainer UI bekerja dengan elemen-elemen seperti tombol, menu, ikon, dan elemen grafis lainnya untuk menciptakan desain yang mudah digunakan dan menarik secara visual
Desain UX (User Experience) berfokus pada bagaimana pengguna berinteraksi dengan produk atau layanan. Desainer UX berusaha menciptakan pengalaman yang menyenangkan, intuitif, dan efisien bagi pengguna dengan memfokuskan pada kemudahan penggunaan dan kepuasan pengguna.
Prinsip Desain
Proses pembuatan karya desain sangat memperhatikan prinsip desain seperti: kesatuan (unity), keseimbangan (balance), irama (rhythm), proporsi (proportion), dominasi dan kesederhanaan.
Sumber: Buku Guru Mapel Seni Rupa SMA Kelas XII Kurikulum Merdeka - Dessy Rachma Waryanti & Karen Hardini ; 2022
KEMENTERIAN PENDIDIKAN, KEBUDAYAAN, RISET, DAN TEKNOLOGI
BADAN STANDAR, KURIKULUM, DAN ASESMEN PENDIDIKAN
PUSAT PERBUKUAN
Tidak ada komentar:
Posting Komentar