Sabtu, 28 Oktober 2023

KEGIATAN TAHUNAN PRAMUKA PENEGAK

 PENERIMAAN TAMU AMBALAN

Kegiatan penerimaan tamu ambalan diadakan di pangkalan SMA 1 GEBOG KUDUS pada awal tahun ajaran. Durasi kegiatan selama 36 jam (2 hari 1 malam). Kegiatan ini diadakan untuk menyambut kedatangan para tamu ambalan, yaitu para anggota pramuka golongan penggalang yang naik tingkat ke golongan penegak.
Materi dalam kegiatan ini antara lain perkenalan, keakraban, pentas bakat, permainan/outbond, dan uji pengetahuan tentang kepramukaan yang sudah didapat di golongan Penggalang.
Kegiatan ini ditutup dengan upacara penerimaan tamu ambalan, yaitu upacara penyambutan anggota pramuka golongan Penggalang masuk menjadi golongan Penegak. Dengan demikian peserta yang awalnya berstatus Tamu Ambalan berubah menjadi Calon Penegak.
 
MUSYAWARAH AMBALAN
Musyawarah ambalan adalah kegiatan musyawarah yang dilaksanakan oleh anggota ambalan minimal setahun sekali. Agenda kegiatan adalah membahas tentang aturan dan adat yang akan dilaksanakan di ambalan, program kerja yang akan dilaksanakan, laporan pertanggungjawaban dewan ambalan demisioner, dan pemilihan pradana serta anggota kabinet dewan ambalan selanjutnya. Kegiatan dilaksanakan sehari tanpa menginap, berbentuk sarasehan dan sidang.
 
SERAH TERIMA JABATAN DEWAN AMBALAN
Upacara serah terima jabatan, tugas dan wewenang dari dewan ambalan demisioner kepada dewan ambalan selanjutnya. Upacara dilaksanakan setelah musyawarah ambalan dan kabinet dewan ambalan baru terpilih.
 
LATIHAN PEMANTAPAN KEPEMIMPINAN DEWAN AMBALAN
Adalah kegiatan pelatihan pemantapan kepemimpinan bagi dewan ambalan baru. Dilaksanakan dalam perkemahan dengan durasi 36 jam (dua hari semalam). Materi yang diberikan antara lain adalah tentang kepemimpinan, kerjasama, team-building, tanggung jawab, kemandirian, inisiatif dan kreatifitas.
 
GLADIAN PIMPINAN SATUAN PENEGAK – PINSA DAN WAPINSA
Kegiatan pelatihan pemantapan kepemimpinan bagi dewan ambalan baru. Dilaksanakan dalam kegiatan pelatihan dan sarasehan sehari. Materi yang diberikan antara lain adalah tentang kepemimpinan, kerjasama, tanggung jawab dan team-building.
 
LATIHAN RUTIN
Kegiatan latihan terjadwal yang dilakukan 1x seminggu. Di pangkalan SMA 1 GEBOG KUDUS dilaksanakan setiap hari JUMAT dengan durasi 120 menit (istirahat 30 menit). Materi yang diberikan adalah materi dasar kepramukaan bagi calon penegak bantara, dan materi lanjutan kepramukaan bagi penegak bantara.
 
KEGIATAN REMIDIAL PEMBINAAN KARAKTER
Kegiatan yang dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan penilaian bagi peserta didik yang memiliki nilai kurang pada ekstrakurikuler kegiatan kepramukaan. Durasi kegiatan kurang-lebih 48 jam.
Kegiatan diisi dengan materi bakti masyarakat, bakti lingkungan, ketaqwaan, kedisiplinan, pembinaan karakter, dan tanggung jawab.
 
UJIAN SKU CALON PENEGAK BANTARA
Untuk menjadi penegak bantara, para calon penegak harus menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum melalui kegiatan ujian mandiri. Selanjutnya setelah semua poin dalam SKU terselesaikan maka para calon penegak berhak dilantik menjadi Penegak Bantara.
 
PERKEMAHAN PEMANTAPAN & PELANTIKAN PENEGAK BANTARA
Kegiatan yang dilaksanakan sebagai tindaklanjut memenuhi hak para calon penegak, setelah menyelesaikan seluruh poin ujian syarat kecakapan umum.
Kegiatan bisa dilaksanakan perseorangan maupun kolektif. Bentuk kegiatan berupa perkemahan 36 jam yang diakhiri dengan upacara pelantikan penegak bantara sesuai adat yang berlaku.
 
UJIAN SKK PENEGAK BANTARA
Ujian mandiri menyelesaikan syarat kecakapan khusus yang ditempuh oleh para anggota pramuka penegak, guna memperoleh tanda kecakapan khusus yang sesuai dengan minat dan bakat masing-masing anggota.
Setelah lulus ujian, selanjutnya anggota berhak mengenakan tanda kecakapan khusus sesuai bidang dan tingkatan yang diuji.
 
UJIAN SKU CALON PENEGAK LAKSANA
Anggota pramuka penegak bantara yang ingin naik tingkat menjadi penegak laksana harus menyelesaikan Syarat Kecakapan Umum melalui kegiatan ujian mandiri. Selanjutnya setelah semua poin dalam SKU terselesaikan maka berhak dilantik menjadi Penegak Laksana.
 
PENGEMBARAAN CALON PENEGAK LAKSANA
Kegiatan pengembaraan dilaksanakan atas permintaan calon penegak laksana, guna memenuhi syarat kecakapan umum golongan laksana. Durasi kegiatan minimal 72 jam atau 3 hari. Dalam kegiatan ini para calon penegak laksana melaksanakan kegiatan survival selama minimal 3 hari dan terjun langsung di masyarakat.
Dengan demikian materi dan pembinaan yang diperoleh oleh para calon penegak laksana adalah dari para tokoh masyarakat secara langsung.
 
PELANTIKAN PENEGAK LAKSANA
Setelah para calon penegak laksana menyelesaikan SKU, maka berhak dilantik menjadi penegak laksana. Bentuk kegiatan dilaksanakan sesuai adat yang telah disepakati.
Mereka para calon penegak laksana akan dilantik langsung oleh orangtua masingmasig, dan bertanggungjawab penuh kepada orangtua dan masyarakat. Sehingga apabila terjadi pelanggaran maka sanksi yang diterima juga dari orangtua masing-masing dan masyarakat.
 
UPACARA ULANG JANJI
Upacara ulang janji dilaksanakan setiap tanggal 13 Agustus malam menjelang peringatan hari pramuka tanggal 14 Agustus. Para anggota pramuka mengulangi dan memantapkan janji satya sebagai anggota pramuka, dalam bentuk kegiatan upacara.
 
SARASEHAN
Kegiatan dilaksanakan setahun sekali pada minggu pertama bulan Agustus, pada peringatan hari ulang tahun ambalan. Kegiatan bertujuan untuk instrospeksi dan evaluasi kegiatan yang dilaksanakan di pangkalan, dan ekspektasi apa yang bisa dilakukan selanjutnya untuk kemajuan kegiatan di pangkalan SMA 1 GEBOG KUDUS
 
PERKEMAHAN TEMATIK AKHIR TAHUN / AWAL TAHUN
Kegiatan perkemahan tematik yang dilaksanakan pada akhir tahun/awal tahun pelajaran. Kegiatan ini selalu memiliki tema yang berbeda dalam pelaksanaannya, dan bertujuan untuk menambah wawasan, pengetahuan dan ketrampilan para anggota pramuka. Contoh yang sudah terlaksana adalah Perkemahan Siaga Bencana, Perkemahan Adiwiyata, dan sebagainya.
 

 


DASAR HUKUM IURAN ANGGOTA GERAKAN PRAMUKA

 



Berikut adalah aturan-aturan yang menjadi landasan hukum terselenggaranya iuran anggota Gerakan Pramuka :

1.      UU No. 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, Pasal 43 ayat 1

 Keuangan gerakan pramuka diperoleh dari:

a.      Iuran anggota sesuai dengan kemampuan;

b.      Sumbangan masyarakat yang tidak mengikat; dan

c.      Sumber lain yang tidak bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

 


2.      Anggaran Dasar Gerakan Pramuka (MUNASLUB Tahun 2012) , Pasal 58

Keuangan Gerakan Pramuka diperoleh dari:

a.      Iuran anggota;

b.      Bantuan majelis pembimbing;

c.      Sumbangan masyarakat yang tidak mengikat;

d.      Bantuan pemerintah/pemerintah daerah melalui apbn/apbd setiap tahunnya;

e.  Sumber lain yang tidak bertentangan, baik dengan peraturan perundang-undangan maupun dengan kode kehormatan pramuka; dan

f.       Usaha dana, badan usaha/koperasi yang dimiliki gerakan pramuka.

 


3.      Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka (MUNASLUB Tahun 2012), Pasal 126 ayat 1

Pendapatan Gerakan Pramuka diperoleh dari:

a.      Iuran anggota;

b.      Apbn dan atau apbd;

c.      Bantuan majelis pembimbing;

d.      Sumbangan masyarakat yang tidak mengikat;

e.  Sumber lain yang tidak bertentangan baik dengan peraturan perundang-undangan maupun dengan kode kehormatan pramuka;

f.       Usaha dana, badan usaha, koperasi yang dimiliki gerakan pramuka;

g.      Royalti atas hak atas kekayaan intelektual yang dimiliki gerakan pramuka.

 


4. Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No. 198 Tahun 2011, tentang Syarat Kecakapan Umum (SKU), point 6

Setia membayar iuran kepada gugus depan, dengan uang yang diperoleh dari usaha sendiri.

 

5.      Permendikbud No. 63 Tahun 2014 (lampiran 1) tentang Kepramukaan di Kurikulum 2013, Bagian H. Daya Dukung nomer 5 : Pembiayaan.

Agar pengelolaan gugus depan dapat berjalan secara berkesinambungan diperlukan suatu pembiayaan gugus depan yang tetap. Usaha-usaha pemenuhan pembiayaan gugus depan dapat dilakukan melalui berbagai cara antara lain:

a.      Iuran Anggota

Iuran anggota pada hakikatnya merupakan alat pendidikan bagi peserta didik dengan tujuan untuk memupuk rasa kebersamaan dan memiliki rasa turut memiliki Gerakan Pramuka. Besar iuran anggota ditentukan di dalam musyawarah gugus depan.

b.      Penggalangan Dana (fundrising)

Dalam pelaksanaan kegiatan, gugus depan dapat meminta dukungan bantuan pendanaan. Caranya dengan melakukan pendekatan kepada perorangan maupun kepada dunia usaha dan dunia industri (Dudi), masyarakat dan sumber lain yang tidak mengikat dan tidak bertentangan dengan AD dan ART Gerakan Pramuka.

c.      Bantuan Pemerintah dan Pemerintah Daerah

Bantuan Pemerintah dan Pemerintah Daerah melalui dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOSDA), APBD atau sumber dana lainnya.

d.      Wirausaha

Aktivitas usaha yang dilakukan oleh Gugus Depan yang berupa jasa, pembuatan produk, dan/atau kemitraan dengan pihak lain.


FILE LEBIH LENGKAPNYA BISA DI DOWNLOAD DISINI : 
DOWNLOAD JUKNIS PENDANAAN PRAMUKA

 

Rabu, 01 Februari 2023

MENULIS KALIGRAFI CANTIK DI TIKTOK? BISA BANGET!

 oleh : BAHARFIAN NOVRIANTO, S.Pd
(artikel ini telah dimuat di Koran JAWA POS RADAR KUDUS pada 5 Januari 2022)

Apa itu sosial media? Saya mengutip tulisan di dua sumber online, Dalam sebuah tulisan di http://www.unpas.ac.id/apa-itu-sosial-media/ menuliskan bahwa “Sosial media adalah sebuah media untuk bersosialisasi satu sama lain dan dilakukan secara online yang memungkinkan manusia untuk saling berinteraksi tanpa dibatasi ruang dan waktu”. Salah satu media sosial yang saat ini sedang sangat digemari masyarakat khususnya kawula muda adalah TIK TOK . Media sosial yang satu ini menggunakan video berdurasi pendek antara 1 – 3 menit sebagai konten utama dalam berinteraksi antar penggunanya. Dibanding media sosial lainnya tiktok memiliki
kelebihan pada kemudahan penggunaannya (user friendly), bahkan di aplikasi tiktok bisa langsung membalas komentar followers-nya dengan menggunakan video juga sehingga membuat media sosial ini sangat cepat digemari dan berkembang pesat.



               Dengan segala kelebihan dan kemudahannya, tetap ada sisi negatif juga sangat terasa dari aplikasi media sosial berbasis short video ini. Sudah bukan hal baru lagi jika media sosial TIK TOK dicibir karena konten-konten video yang dibuat oleh penggunanya dirasa tidak sesuai dengan budaya kita di Indonesia. Sebagai contoh konten video joget atau dance di TIK TOK yang dinilai banyak orang tidak etis, mengumbar aurat, dan lain sebagainya. Anggapan negatif tersebut tentunya tidak bisa serta-merta digunakan sebagai tolak ukur utama untuk menilai baik-buruknya sebuah media sosial. Semua sosial media sama ada sisi positifnya dan ada juga sisi negatifnya, tergantung bagaimana pengguna (user) menggunakan media sosial tersebut. Saya membuktikan sendiri, dulu sangat anti dengan media sosial TIK TOK karena anggapan negatif tersebut. Namun ternyata saya salah, saya bahkan menemukan ceramah-ceramah tentang agama dan tentang kehidupan yang sangat bagus, di media sosial TIK TOK. Di TikTok jenis video apa yang sering kita tonton, maka jenis video seperti itulah yang akan keluar di beranda TIK TOK kita.


               Berawal dari itulah kemudian saya memiliki ide bagaimana mengkampanyekan bermedia sosial secara lebih positif. Tujuannya adalah agar generasi muda dapat memanfaatkan media sosial untuk hal-hal yang lebih baik. Dengan kemampuan dan kreatifitas yang saya miliki dan berbekal basic keilmuan saya di Pendidikan Seni Rupa, saya membuat satu username di TikTok yaitu “@baharfiancalligraphy” dengan nama “LARASATI LETTERING” yang berisi konten video kreasi menulis indah yang biasa disebut dengan KALIGRAFI (calligraphy) atau ada juga yang menyebutnya lettering. Wikipedia dalam situsnya https://id.wikipedia.org/wiki/Kaligrafi menuliskan bahwa “Kaligrafi dari bahasa Yunani : καλλι "keindahan" + γραφος "menulis" atau Seni khat adalah seni menulis dengan indah dengan pena sebagai hiasan”. Di akun TikTok saya “@baharfiancalligraphy” atau LARASATI LETTERING tersebut saya membuat konten video kreasi menulis indah, yaitu menulis dengan gaya / style kreasi huruf cantik berhias. Mulanya saya menulis beberapa kutipan ungkapan (quote) dari berbagai sumber, seperti dialog film, kata-kata bijak, motivasi dan lain-lain. Namun seiring banyaknya komentar dari followers yang minta ditulis namanya, maka saat ini saya lebih banyak menulis nama sesuai permintaan tersebut, dan membalas komentar mereka dengan video tulisan nama mereka. Saat ini perkembangan akun saya sudah bertambah di media sosial INSTAGRAM dan YOUTUBE dengan nama yang sama, yaitu “LARASATI LETTERING”. Dengan membuat konten video kreatif, saya berharap dapat menginspirasi generasi muda untuk tetap kreatif dan tetap positif bermedia sosial.

 



Youtube LARASATI LETTERING : https://www.youtube.com/c/LarasatiLettering

Youtube BAHAR SINAU : https://www.youtube.com/c/BaharSinau

TikTok : https://www.tiktok.com/@baharfianncalligraphy

Snack Video : https://s.snackvideo.com/u/@larasatilettering

Instagram : https://www.instagram.com/baharfianncalligraphy/

Minggu, 18 Desember 2022

SIAP JADI PENEGAK LAKSANA, 15 PRAMUKA PURNA DEWAN AMBALAN 2021-2022 SMA NEGERI 1 GEBOG KUDUS MELAKSANAKAN GIAT PENGEMBARAAN

Kegiatan pengembaraan adalah berupa kegiatan yang dilaksanakan dengan cara berjalan kaki, dari suatu tempat menuju ke tempat lain yang telah ditetapkan dengan mengambil route jalan setapak perkampungan, dan mengatur kehidupan selama 3 hari. Sesuai yang tercantum di Syarat Kecakapan Umum (SKU) No. 13 Penegak Laksana, pengembaraan dilaksanakan dalam rangka uji tingkat dari penegak Bantara naik ke tingkat penegak Laksana.

Tujuan kegiatan pengembaraan. 1) memberikan pengetahuan, keterampilan praktis, dan pengalaman kepramukaan dalam mewujudkan syarat-syarat kecakapan pramuka penegak laksana. 2) meningkatkan persaudaraan, persatuan, dan kesatuan. 3) menciptakan anak bangsa yang bermanfaat bagi diri pribadi, agama, dan negara. 5) menanamkan kedisiplinan dan bertanggung jawab. 6) memupuk rasa solidaritas pada sesama dan sarana bakti masyarakat.


Tahun ini sebanyak 15 siswa Purna Dewan Ambalan masa bakti 2021-2022 Pangkalan SMA Negeri 1 Gebog Kudus mengajukan diri untuk melaksanakan giat pengembaraan.

Seperti giat pengembaraan yang pernah dilaksanakan, tahun ini Pangkalan SMA Negeri 1 Gebog Kudus masih menggandeng dan bekerjasama dengan 2 Koramil setempat.

Hari pertama peserta berangkat dari Pangkalan SMAN 1 GEBOG KUDUS menuju POS-1 Koramil BAE Kudus. Di Koramil BAE inilah peserta istirahat dan bermalam.



Hari kedua peserta melanjutkan perjalanan dari Koramil BAE menuju POS-2 di Koramil KALIWUNGU Kudus. Malam kedua di Koramil Kaliwungu peserta kembali bermalam dan istirahat.



Hari ketiga peserta melanjutkan perjalanan dari Koramil Kaliwungu kembali ke pangkalan SMA Negeri 1 Gebog Kudus. 

Pada tahun ini, peserta menempuh total jarak kurang-lebih 21 km. Start dari pangkalan SMAN 1 Gebog Kudus pada hari Jumat menuju Koramil BAE  (kurang lebih 4,4 km), Start dari Koramil BAE menuju Koramil KALIWUNGU  (kurang lebih 8,5 km), Start dari Koramil KALIWUNGU kembali ke pangkalan SMAN 1 Gebog Kudus pada hari Minggu (kurang lebih 8,8 km).


Selama bermalam dan beristirahat di Koramil, peserta menerima berbagai materi seperti Kepemimpinan, Survival, PBB, Bela Negara dan Wawasan Kebangsaan dari jajaran TNI




Selain menerima materi, peserta juga diharapkan dapat menerapkan keilmuannya untuk membantu masyarakat melalui pengabdian lingkungan. Seperti contoh ketika peserta memberi pertolongan saat menemui masyarakat yang membutuhkan bantuan di perjalanan.


Peserta juga mendapat materi serta support dan dukungan penuh dari pembina, pelatih bahkan alumni yang pernah melaksanakan uji tingkat penegak laksana sebelumnya.




Adapun uji materi yang akan tercapai oleh 15 peserta dalam kegiatan ini adalah : 

1). Lulus Uji SKU Penegak Laksana No. 13 tentang Pengembaraan selama 3 hari,

2). Lulus uji SKK Gerak Jalan dan berhak memakai TKK Gerak Jalan tingkat Purwa

3). Lulus uji SKK Berkemah dan berhak memakai TKK Berkemah tingkat Purwa

4). Lulus uji SKK Pengembaraan dan berhak memakai TKK Berkemah tingkat Purwa

5). Lulus uji SKK Juru Masak dan berhak memakai TKK Juru Masak tingkat Purwa

6). Peserta berhak memakai brevet penghargaan "Wing Tapak Merah", sesuai ketentuan pencapaian telah berhasil melaksanakan uji SKU Penegak Laksana poin 13 yaitu pengembaraan 3 hari dengan menempuh jalan kaki darat datar minimal 20 km. (baca di : https://baharfiann.blogspot.com/2022/11/aturan-dan-makna-brevet-atau-wing)





Semoga kegiatan pengembaraan ini semakin mempererat tali persaudaraan sesama anggota pramuka, meningkatkan kecintaan terhadap NKRI dan menjadi pengalamam yang bermanfaat bagi kehidupan mereka kelah dimasyarakat.

Kamis, 01 Desember 2022

MENGAPA KURIKULUM HARUS BERUBAH

Sebelumnya sebagai catatan : ini adalah pemahaman awal saya tentang Kurikulum Merdeka, banyak pendapat pribadi didalamnya.
mohon maaf apabila ada kesalahan, dan mohon masukan agar dapat dibetulkan jika salah.

Semua guru adalah penggerak pada jamannya.

Saya ambil contoh, pada tahun 1994 misal. Pada masa itu metode yang digunakan seorang guru dalam mengajar adalah yang paling efektif. Kenapa? ya karena keterbatasan sarpras, tingkat ekonomi, akses informasi, dan banyak lainnya, sangat mempengaruhi tantangan yang dihadapi para siswa pada masa itu.
Ini yang menjadikan satu-satunya akses pengetahuan dan keilmuan didapat hanya ketika siswa bertemu gurunya di sekolah. Maka metode apapun yang dipakai guru pada masa itu, ya itulah yang terbaik saat itu. Karena peran guru sebagai sumber belajar. 
Sebagai contoh, pada masa SD saya tidak akan pernah tahu jumlah menteri yang menjabat di Indonesia dan siapa saja namanya, jika tidak dari guru saya.
Coba sekarang, siapa nama-nama menteri yang sedang menjabat? tidak perlu bertanya pada guru kan?

Saya pernah bertanya kepada salah satu siswa : "apa pengertian seni?" kemudian siswa menjawab dengan bertanya balik : "bapak mau pengertian seni yang menurut siapa? karena saya pernah membaca ada 33 pengertian seni dari para ahli". Manarik bukan? ini tidak ditemui lho pada jaman terdahulu.
Jaman dulu, pengetahuan keilmuan siswa masih sangat terbatas. akses informasi hanya dari gurunya ketika bertemu disekolah.
Saat ini siswa sudah memiliki database pengetahuan yang lebih, karena ketidakterbatasan dan kemudahan akses informasi pada jaman ini.
Kondisi ini bisa sangat bermanfaat, namun juga bisa sangat berbahaya. Guru sudah bukan sumber belajar bagi mereka para siswa. Maka jika guru tidak bergerak akan otomatis tersingkir.

Tugas guru yang tidak bisa digantikan oleh apapun adalah sebagai pemandu (guiden), pembimbing, pengarah, mentor, dan fasilitator bagaimana siswa mengolah pengetahuan yang sudah dimiliki, agar bisa menjadi manfaat baik terhadap pribadinya, orangtua, masyarakat, dan lingkungannya. Karena jika salah, maka dampak negatifnya juga sangat luarbiasa merugikan semuanya.
Dengan database keilmuan yang sedemikian besar, guru sebagai pemandu membimbing siswa mulai dari bagaimana memilah dan mengkategorikan keilmuan yang dimiliki, kemudian menganalisis kondisi yang dihadapi, sampai dengan bagaimana menggunakan keilmuan tersebut sebagai solusi terbaik dan paling efektif untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi siswa dikehidupannya.




Yang paling penting menurut saya adalah anak atau siswa dengan database keilmuan yang sedemikian besar, jika tidak disertai dengan pendampingan, maka tak bayangkan dampaknya untuk kedepan. Bagaimana pemanfaatan teknologi ke arah yang negatif adalah salah satu contoh kecil. Dampak kerusakan yang ditimbulkan tak terbendung.
Sudah banyak kasus disekitar kita, tanpa saya sebutkan pun kita sudah tahu itu.
Kita tidak bisa membendung akses informasi masuk kedalam database siswa. Pengetahuan yang positif maupun yang negatif, semua masuk ke siswa tanpa filter. Bahkan pengetahuan baikpun bisa berubah menjadi jahat ketika salah dalam penerapan. Sebaliknya pengetahuan buruk, bisa menjadi baik jika berada ditangan yang tepat dan berkarakter baik.
Inilah yang bisa kita lakukan adalah membangun KARAKTER. Bagaimana membimbing, memandu dan mengfasilitasi siswa supaya apa yang sudah dimiliki dapat digunakan untuk hal yang baik.
Jika siswa memiliki karakter baik, maka pengetahuan dan keilmuan apapun yang dimiliki akan bermanfaat baik.

Sebuah kurikulum hanya akan efektif pada masa tertentu. Tidak ada kurikulum yang selalu efektif dipakai sepanjang masa. Ini karena kembali lagi bahwa kebutuhan, kondisi, dan tantangan setiap jaman sudah pasti berbeda. Sesimpel itu...
Kurikulum dirancang untuk memenuhi kebutuhan. Jika pada sebuah jaman dengan kebutuhan yang berbeda tapi menggunakan kurikulum yang masih lama, maka tidak akan terpenuhi, dan kurikulum menjadi tidak efektif.
Didalam setiap kurikulum ada metode pembelajaran. Nah ketika metode jaman dulu kita pakai di jaman sekarang, maka kita sebagai guru akan ditinggalkan oleh siswa. Kenapa?

Kita pakai logika sederhana : Untuk dapat menulis di "kertas", saya menggunakan "pena". Tetapi kemudian ketika saya mau menulis di "papan whiteboard", apakah "pena" masih bisa saya pakai? jawabannya bisa, tetapi tidak efektif. Pena maupun papan whiteboard kemungkinan malah rusak. Saya butuh alat lain yang sesuai dengan kebutuhan saya menulis di papan whiteboard, maka saya memakai "spidol". Sederhana kan?

ditulis oleh : Baharfian Novrianto, S.Pd
(hanya seorang guru biasa, dan ini adalah pemahaman awal saya tentang Kurikulum Merdeka)