PAMERAN KARYA SENI RUPA. Beberapa pengertian seni menurut para ahli :
Isabel Briggs Myers - Pengertian pameran adalah suatu aktivitas yang melibatkan ruangan (galeri) dan memamerkan hasil karya seni seperti lukisan, ukiran, gambar foto, dan karya lainnya.
Evelina Lidia - Pameran adalah suatu kegiatan masyarakat yang dapat diselenggarakan oleh suatu organisasi independen dan terbuka untuk umum.
Freed E. Han dan Kenneth G. Mangun - Pameran adalah suatu sarana pemasaran yang efektif untuk tujuan kampanye, baik itu produk tertentu, sosialisasi program perusahaan, serta informasi tentang keunggulan suatu produk kepada masyarakat sekaligus sebagai upaya untuk meningkatkan penetrasi pasar.
Frank William Jefkins - Pengertian pameran adalah satu-satunya media pemasaran yang dapat menyentuh semua pancaindra manusia (mata, telinga, kulit, hidung, lidah).
Adi Irwanto : Pameran adalah satu di antara cara untuk dapat menyajikan sebuah karya seni secara visual, baik itu karya seni dua dimensi maupun tiga dimensi.
Sedangkan menurut Galeri Nasional bahwa : “Pengertian pameran adalah suatu kegiatan penyajian karya seni rupa untuk dikomunikasikan sehingga dapat diapresiasi oleh masyarakat luas.” (http://www.galeri-nasional.or.id) .
Dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa Pameran adalah kegiatan bagaimana kita menyajikan, menunjukkan, mempertontonkan sebuah benda yang dalam hal ini karya seni kepada masyarakat, guna mendapatkan apresiasi.
Apa itu
apresiasi? Apresiasi adalah reaksi timbal balik dari apa yang kita berikan. Beberapa
contoh apresiasi yang positif antara lain : pujian, kritik, saran, penghargaan,
nilai, bahkan juga termasuk hal yang bersifat negatif seperti cacian, cemooh, dan
hinaan.
TUJUAN PAMERAN
TUJUAN SOSIAL - Suatu aktivitas pameran yang bertujuan untuk kepentingan sosial. Dalam hal ini, hasil penjualan tiket maupun karya dalam pameran akan disumbangkan untuk kepentingan kegiatan sosial, seperti disumbangkan untuk korban bencana, panti asuhan, dan lainnya.
TUJUAN KEMANUSIAAN - Suatu aktivitas pameran yang bertujuan untuk kepentingan pelestarian, pembinaan, nilai-nilai, serta pengembangan hasil karya seni budaya yang ada di masyarakat.
TUJUAN KOMERSIAL - Suatu aktivitas pameran yang bertujuan agar karya yang dipamerkan dibeli pengunjung sehingga penyelenggara pameran memperoleh keuntungan.
TUJUAN INFORMASI - Melalui kegiatan pameran, semua pihak dapat mengumpulkan dan mengetahui tren yang sedang berkembang sehingga dapat lebih memahami sesuai bidang masing-masing.
FUNGSI PAMERAN : Fungsi utama kegiatan pameran adalah sebagai alat komunikasi antara pencipta seni (seniman) dengan pengamat seni (apresiator). Perupa atau seniman mengomunikasikan gagasan atau perasaannya dalam bentuk visual melalui karya seni rupa.
FUNGSI EDUKASI - Pameran berguna untuk memberikan pendidikan dan melatih masyarakat luas dalam memahami arti dari keahlian rohani manusia. Kegiatan ini mampu menyeimbangkan kembali ingatan dan pandangan manusia terhadap lingkungan sekitarnya. Sebagai contoh pameran edukasi adalah museum.
FUNGSI APRESIASI - Pameran berguna sebagai suatu media dalam menyampaikan apresiasi kepada para seniman sehingga para pengunjung akan menyampaikan apresiasinya kepada seniman dan hasil karyanya. Dalam hal ini manfaat utama ada pada pengunjung atau penikmat seni yang sedang menonton pameran tersebut.
FUNGSI PRESTASI - Pameran berfungsi membantu memacu para pegiat seni untuk bisa berprestasi dalam menghasilkan suatu karya yang sangat menginspirasi. Dalam hal ini sang kreator seni atau senimannya yang menerima manfaat fungsi ini.
FUNGSI REKREASI - Pameran bermanfaat untuk media releksasi dan melepaskan diri dari berbagai tekanan kegiatan sehari-hari yang menguras pikiran dan energi.
Dalam konteks penyelenggaraan pameran seni rupa di sekolah, Nurhadiat (1996), secara khusus menyebutkan lima fungsi pameran seni rupa sekolah, di antaranya: (1) meningkatkan apresiasi seni warga sekolah khususnya siswa; (2) membangkitkan motivasi siswa berkarya seni; (3) penyegaran dari kejenuhan belajar di kelas; (4) motivasi berkarya visual lewat karya seni; (5) belajar berorganisasi dalam perencanaan dan pelaksanaan kegiatan pameran.
MANFAAT PAMERAN : Setelah memahami tujuan dan fungsi pameran, kamu juga perlu mengetahui apa manfaat kegiatan pameran. Mengacu pada penjelasan fungsi dan tujuannya, berikut ini beberapa manfaat pameran : (1) Sebagai sarana bagi para seniman dan pencipta karya untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan dalam membuat suatu produk atau karya seni yang berkualitas. (2) Sebagai sarana bagi masyarakat luas untuk menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan dalam mengapresiasi hasil karya orang lain. (3) Membantu masyarakat luas agar lebih mampu dalam menilai atau mengevaluasi suatu hasil karya secara objektif. (4) Memberikan lebih banyak pengalaman bagi para pencipta produk atau karya seni. (5) Sebagai sarana untuk melatih masyarakat dalam hal merencanakan dan menyelenggarakan suatu kegiatan. (6) Sebagai sarana untuk relaksasi dan penyegaran jiwa.